Integrasi Antar Aplikasi Office

 ⿻.゚・( . . )>✎ Integrasi Antar Aplikasi Office 🔮




Halo Bu Yanti dan teman-teman yang sedang membaca blog ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan informasi tentang integrasi antar aplikasi office. Nah, apa saja sih yang akan saya informasikan di dalam blog ini? Saya akan memberi informasi ke teman-teman tentang tujuan, definisi, jenis-jenis, manfaat, dan cara mengintegrasikan aplikasi. Happy reading! 


Sebelum kita mulai, apakah sudah ada yang tahu apa itu integrasi?

Integrasi sendiri memiliki tujuan utama, yaitu memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Untuk itu suatu data atau sistem yang terintegrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi, tentunya hal ini digunakan untuk membantu organisasi atau perusahaan. Aliran informasi di antara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnnya atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya.

Apa sih definisi dari integrasi? Integrasi adalah saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju, atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.

Macam-macam integrasi.
Integrasi terbagi menjadi dua, yaitu:
  1. Integrasi data. Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. 
  2. Integrasi sistem (Integrated system)Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.
 

Apa saja manfaat dari integrasi? 

  1. Satu sumber utama. Dengan sistem integrasi kita lebih menyingkat waktu untuk mencari data atau informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah, sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada pada suatu sistem dan selalu diperbaharui tanpa peduli divisi atau subsistem mana yang melakukan pembaharuan.
  2. Database tertata rapi. Database yang tertata rapi dan mudah diakses tentu akan menjadi keunggulan suatu perusahaan, selain dapat menghemat waktu dan menekan biaya operasional, database yang rapi akan membuat suatu perusahaan akan lebih unggul dari perusahan lain karena perusahaan yang memiliki integrasi yang baik akan mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan lebih cepat daripada perusahaan saingannya.
  3. User interface yang lebih konsisten. Dengan mengunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita dapat memastikan kalau setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama.

Cara-cara mengintegrasikan aplikasi:
  1. Pemanggilan prosedur/function. Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
  2. Messaging. Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.
  3. Sharing database. Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. pengirim menaruh datanya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.
  4. File transfer. Adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.
Contoh integrasi pada aplikasi Ms. Office:
  1. Membuat table of content pada Ms. Word.
  2. Linking and embed pada aplikasi Ms. Office.
  3. Membuat surat massal pada Ms. Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms. Excel atau Ms. Access.
  4. Membuat grafik pada aplikasi Ms. Office.
Sumber foto: https://www.solusitraining.com/training-microsoft-office-kunci-kuasai-berbagai-aplikasi-populer/
Sumber materi: https://youtu.be/haAODD7gbMg 

Cukup sampai sini dulu ya Bu Yanti dan teman-teman. Kalau mau kasih kritik dan saran boleh banget loh! 
Thank you for reading! See you on the next blog!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE: MAIL MERGE

Tipe Data dalam Pemrograman