Kerja Sama yang Baik dalam Tim

CARA MENUMBUHKAN BUDAYA KERJA SAMA YANG BAIK DALAM TIM

.・。.・゜✭・.・✫・゜・。.

Halo semuanya! Sudah lamaa sekali sejak terakhir kali aku menggunakan blog.. Berhubung aku sudah kelas 12, rasanya semua tugas datang secara bersamaan dan banyak, tidak hanya tugas sekolah tetapi tugas kursus juga! Anyway, kalian gimana kabarnyaa?? Aku harap kalian selalu senang dalam menjalani hidup ya!

Aku sudahi dulu ya, basa-basinya :] Kali ini aku akan menuliskan materi tentang menumbuhkan budaya kerja sama yang baik dalam tim. Menurut aku, tema yang akan aku bawakan kalian kali ini, akan sangat bermanfaat. Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang harus bekerja sama dengan orang lain. Jadi, aku harap kalian membaca dan mempraktekkan apa yang aku tulis di hidup kalian yaa!! ˶ᵔ ᵕ ᵔ˶

₊˚ ‿︵‿︵‿︵୨୧ · · ♡ · · ୨୧‿︵‿︵‿︵ ˚₊

Pertama-tama, kerja sama itu apasih?

    Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi dengan sesamanya.


Sekarang, sebelum aku kasih tau bagaimana cara membangun kerja sama yang baik, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengenali budaya kerja yang tidak baik. Kenapa kita harus mengenali yang tidak baik terlebih dulu? Agar kita bisa menghindarinya. 

Berikut ini ciri-ciri kerja sama yang tidak baik dan perlu dihindari:

  • Komunikasi buruk
Komunikasi menjadi kunci dalam membangun kerja tim yang baik, dan komunikasi yang buruk dapat menyebabkan ketidakjelasan mengenai tujuan dan peran, memperlambat kemajuan, dan menciptakan konflik dalam tim

  • Kurangnya rasa percaya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge, disimpulkan bahwa kepercayaan adalah fondasi kunci untuk berbagi informasi, yang pada gilirannya menjadi landasan keberhasilan suatu perusahaan.
  • Menghindari perubahan.
Tim yang menolak perubahan dan ide-ide baru akan mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan baru dan mungkin akan kehilangan kesempatan untuk berkembang. Penolakan ini sering kali berkolerasi dengan kurangnya kolaborasi dan penurunan produktivitas.
  • Berkompetisi, bukan berkolaborasi.
Kerja tim yang kurang baik jga menyebabkan anggota tim lebih berfokus pada keberhasilan individu daripada keberhasilan tim, yang akan mengakibatkan kurangnya kolaborasi dan penurunan produktivitas.
  • Leadership buruk.
Untuk membangun teamwork yang baik, tim kamu memerlukan petunjuk dan kepemimpinan yang jelas. Jika hal ini kurang dalam tim kamu, maka dapat mengakibatkan kebingungan dan kekurangan fokus di kalangan karyawan dalam mencapat tujuan  bersama.


Nah, karena sekarang kalian sudah tahu hal-hal apa saja yang perlu dihindari dalam bekerja sama, sudah saatnya aku berikan tips-tips cara bekerja sama dengan baik. 

Berikut ini tips membangun kerja sama tim yang baik:

  • Miliki visi dan misi yang jelas

Sejatinya tim dibangun atas dasar mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu visi dan misi yang akan jadi dasar dari tim kamu. Pastikan juga untuk mengkomunikasikan visi dan misi yang sudah ada dengan anggota lainnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya miskomunikasi tentang apa yang menjadi tujuan tim.

  • Memperjelas peran masing-masing anggota

Pembagian peran dan tanggung jawab yang baik akan membuat proses membangun kerja sama tim dengan baik. Tiap anggota tim tidak akan saling tumpang tindih dengan kewajibannya dan akan fokus dengan tugas yang diberikan. Hal ini dapat meningkatkan keikutsertaan dalam menyukseskan tujuan bersama.

  • Menciptakan sistem komunikasi terbuka

Beberapa jenis komunikasi yang penting untuk didiskusikan:  

1. Ide dan saran. Tim yang ideal harus mengizinkan anggotanya menyampaikan ide atau saran. Selain memberi sudut pandang baru, kemudahan penyampaian ide bisa mendorong kreativitas dan motivasi anggota lain.

2. Kritik. Terkadang, suatu tim membutuhkan kritik yang tepat sasaran untuk memperbaiki kinerja. Akan tetapi, kritik yang disampaikan secara kasar atau keliru berpotensi merusak dinamika tim. Pastikan semua anggota tim memiliki standar komunikasi yang sama dalam menyampaikan kritik.

3.  Informasi terbaru. Informasi atau berita terbaru terkadang bisa memengaruhi dinamika kerja tim. Pastikan pemimpin dan anggota tim memiliki kebebasan untuk menyampaikan informasi terbaru demi kemudahan kerja bersama.

  • Menerapkan kepemimpinan yang berkualitas
Pemimpin di dalam tim harus mampu memberi inspirasi walau mereka tidak selalu hadir bersama anggota lainnya.
  • Menciptakan atmosfer positif dalam kegiatan tim
Atmosfer positif akan membuat tim lebih bersemangat dan termotivasi untuk memberi kinerja maksimal. Komunikasi terbuka, suasana antaranggota yang akrab, serta konsisten menghindari dan mengendalikan sifat toksik adalah kunci tim yang solid.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi

︵‿︵‿︵‿︵‿︵

 

Nah! Materi yang aku sampaikan hari ini cukup sampai di sini dulu ya! Aku harap kalian bisa mengerti dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari!

Good bye! Stay safe, hydrated, and happy!! ૮꒰ ˶• ༝ •˶꒱ა ♡

XOXO,

Shafwa 


Sumber materi:

hrpods.co.id/management-and leadership

greatnusa.com/cara-membangun-tim-kerja-yang-baik/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Data dalam Pemrograman

Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1443 H