Kerja Sama yang Baik dalam Tim
CARA MENUMBUHKAN BUDAYA KERJA SAMA YANG BAIK DALAM TIM
.・。.・゜✭・.・✫・゜・。.
Halo semuanya! Sudah lamaa sekali sejak terakhir kali aku menggunakan blog.. Berhubung aku sudah kelas 12, rasanya semua tugas datang secara bersamaan dan banyak, tidak hanya tugas sekolah tetapi tugas kursus juga! Anyway, kalian gimana kabarnyaa?? Aku harap kalian selalu senang dalam menjalani hidup ya!
Aku sudahi dulu ya, basa-basinya :] Kali ini aku akan menuliskan materi tentang menumbuhkan budaya kerja sama yang baik dalam tim. Menurut aku, tema yang akan aku bawakan kalian kali ini, akan sangat bermanfaat. Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang harus bekerja sama dengan orang lain. Jadi, aku harap kalian membaca dan mempraktekkan apa yang aku tulis di hidup kalian yaa!! ˶ᵔ ᵕ ᵔ˶
₊˚ ‿︵‿︵‿︵୨୧ · · ♡ · · ୨୧‿︵‿︵‿︵ ˚₊
Pertama-tama, kerja sama itu apasih?
Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi dengan sesamanya.
Sekarang, sebelum aku kasih tau bagaimana cara membangun kerja sama yang baik, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengenali budaya kerja yang tidak baik. Kenapa kita harus mengenali yang tidak baik terlebih dulu? Agar kita bisa menghindarinya.
Berikut ini ciri-ciri kerja sama yang tidak baik dan perlu dihindari:
- Komunikasi buruk
- Kurangnya rasa percaya.
- Menghindari perubahan.
- Berkompetisi, bukan berkolaborasi.
- Leadership buruk.
Nah, karena sekarang kalian sudah tahu hal-hal apa saja yang perlu dihindari dalam bekerja sama, sudah saatnya aku berikan tips-tips cara bekerja sama dengan baik.
Berikut ini tips membangun kerja sama tim yang baik:
- Miliki visi dan misi yang jelas
Sejatinya tim dibangun atas dasar mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu visi dan misi yang akan jadi dasar dari tim kamu. Pastikan juga untuk mengkomunikasikan visi dan misi yang sudah ada dengan anggota lainnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya miskomunikasi tentang apa yang menjadi tujuan tim.
- Memperjelas peran masing-masing anggota
Pembagian peran dan tanggung jawab yang baik akan membuat proses membangun kerja sama tim dengan baik. Tiap anggota tim tidak akan saling tumpang tindih dengan kewajibannya dan akan fokus dengan tugas yang diberikan. Hal ini dapat meningkatkan keikutsertaan dalam menyukseskan tujuan bersama.
- Menciptakan sistem komunikasi terbuka
Beberapa jenis komunikasi yang penting untuk didiskusikan:
1. Ide dan saran. Tim yang ideal harus mengizinkan anggotanya menyampaikan ide atau saran. Selain memberi sudut pandang baru, kemudahan penyampaian ide bisa mendorong kreativitas dan motivasi anggota lain.
2. Kritik. Terkadang, suatu tim membutuhkan kritik yang tepat sasaran untuk memperbaiki kinerja. Akan tetapi, kritik yang disampaikan secara kasar atau keliru berpotensi merusak dinamika tim. Pastikan semua anggota tim memiliki standar komunikasi yang sama dalam menyampaikan kritik.
3. Informasi terbaru. Informasi atau berita terbaru terkadang bisa memengaruhi dinamika kerja tim. Pastikan pemimpin dan anggota tim memiliki kebebasan untuk menyampaikan informasi terbaru demi kemudahan kerja bersama.
- Menerapkan kepemimpinan yang berkualitas
- Menciptakan atmosfer positif dalam kegiatan tim
- Melakukan monitoring dan evaluasi
︵‿︵‿︵‿︵‿︵
Nah! Materi yang aku sampaikan hari ini cukup sampai di sini dulu ya! Aku harap kalian bisa mengerti dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari!
Good bye! Stay safe, hydrated, and happy!! ૮꒰ ˶• ༝ •˶꒱ა ♡
XOXO,
Shafwa ♡
Sumber materi:
Komentar
Posting Komentar